Abrasi di Gilimanuk, Warga Pasang Buis

Selamat datang di situs kita yang menyajikan berbagai macam informasi berkaitan dengan perkembangan dunia game yang selalu up to date, Abrasi di Gilimanuk, Warga Pasang Buis.

Situasi abrasi di pesisir pantai Gilimanuk yg bertambah kritis “memaksa” penduduk Kelurahan Gilimanuk terutama yg tinggal di Lingkungan Asri serta Jineng Agung dengan cara swadaya melaksanakan penanggulangan dengan menempatkan beton buis.

Beberapa ratus buis pemberian pelbagai faksi yg awal mulanya menumpuk dengan cara gotong-royong selanjutnya dipasang penduduk. Akan tetapi dari tinjauan Bali Express (Jawa Pos Kelompok) Minggu (24/3) , pemasangan buis memanfaatkan alat berat itu baru dapat terpasang ditepi pantai lingkungan Asri. Sesaat di Lingkungan Jineng Agung, belum dilaksanakan mengingat masih ada jalan yg terputus.

Dari kabar penduduk tempo hari, pemasangan buis swadaya buat pencegah gempuran ombak itu udah dilaksanakan sejak mulai dua minggu waktu lalu. Tidak cuman memanfaatkan alat berat, penduduk ikut pula ikut serta isikan lubang-lubang buis itu memanfaatkan pasir serta batu (sirtu) bongkaran puing bangunan. Namun, pemasangan buis itu belum selesai lantaran diwilayah Lingkungan Jineng Agung yang terpengaruh abrasi serta jalan hampir putus belum dilaksanakan pemasangan buis. “Baru di Lingkungan Asri yg udah tuntas, di tempat ini belum lantaran tunggu pengurugan jalan gang yg sempat terputus resiko abrasi, ” kata salah satu orang penduduk Jineng Agung kala dijumpai dilokasi tempo hari.

Baca Juga : buis beton adalah

Disamping itu Lurah Gilimanuk, Gede Wariana Prabawa dijumpai tempo hari membetulkan udah mulai ada perlakuan dengan cara swadaya menempatkan buis. Walaupun baru sekedar buis, sekurangnya dapat mengusir gempuran ombak biar tak langsung ke permukiman penduduk. Menurut dia pemasangan buis sesaat baru sekedar di Lingkungan Asri bergotong-royong dengan penduduk ditempat. “Yang di Asri udah tuntas dipasang berbarengan penduduk, ” pungkasnya.

Selain tunggu ada pemberian dari Pemerintah Pusat buat pelindung pantai, Prabawa memberi tambahan faksi Kelurahan serta Kecamatan hakikatnya udah ajukan permintaan pemberian perlakuan abrasi itu. “Permohonan udah di ajukan, akan tetapi kekuasaan buat senderan pantai ini berada pada pusat lewat Balai Lokasi Sungai Bali-Penida, ” katanya.

Diketahui, situasi pesisir pantai di Lingkungan Asri serta Jineng Agung, Kelurahan Gilimanuk beberapa waktu terakhir ini kritis gara-gara abrasi. Permukiman penduduk yg awal mulanya jauh dari bibir pantai saat ini kerap diterjang ombak disaat air laut pasang. Pelbagai usaha udah dilaksanakan dengan cara swadaya, seperti pemasangan tumpukan karung berisi sirtu buat penahan ombak. Akan tetapi benteng itu gak tahan lama serta saat ini didukung dengan pemasangan buis dari beton.

Abrasi di Gilimanuk, Warga Pasang Buis | Sahira Rahma | 4.5